Sunday, October 23, 2016

sharing : Teliti Melamar Pekerjaan

Hello again.. ^^
Hai fresh graduate, jobseeker yang masih mencari pekerjaan di sana dan di sini, semangat ya.. Mencari pekerjaan itu sebenarnya mudah, yang susah adalah mendapat pekerjaan yang sesuai dengan yang kita inginkan. Pokoknya harus istiqomah, sabar, ikhtiar. Jangan patah semangat deh.
Dan lagi, ada secuil pengalaman yang ingin saya bagi. Secuil pengalaman yang sangat berarti dan dapat dijadikan pembelajaran berharga.
Jadi, melamar pekerjaan melalui banyak media itu adalah hal baik, asal kita senantiasa waspada. Tau kan musim-musim banyak lulusan sarjana, musim-musim banyak perusahaan buka lowongan pekerjaan, selalu ada oknum yang tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan perusahaan besar dan melakukan penipuan perekrutan. Astaghfirullah.
(Seperti yang baru-baru kemarin saya alami sendiri, Alhamdulillah saya sadar kalau itu penipuan)
Saya tidak menyalahkan perusahaan tersebut, tidak menyalahkan website yang menampilkan informasi lowongan pekerjaan tersebut, tidak menyalahkan siapapun.
Di sini pun saya sekedar sharing, saya tidak ingin ada orang lain yang mengalami lagi hal ini. Begini, di Indeed.com ada informasi lowongan pekerjaan di PT Molindo Raya Industrial di Malang. Informasi tersebut ternyata tidak benar, karena bukan perusahaan tersebut sendiri yang mengiklankannya. Ada oknum tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan perusahaan PT Molindo Raya Industrial.
Bagi yang ingin tahu faktor-faktor yang membuat saya curiga sejak awal yaitu:
1. Saat saya akan melamar pekerjaan tersebut melalui Indeed.com, saya sempat search website resmi perusahaannya. Tapi di website resmi perusahaan tidak ada informasi adanya lowongan pekerjaan seperti yang dituliskan di Indeed.com (tetapi saya ingin memeriksanya, jadi saya putuskan untuk melamar)
2. Setelah saya putuskan untuk melamar, betul saja dalam waktu dekat saya mendapat email konfirmasi mengatasnamakan  perusahaan tersebut. Dalam email tersebut, menjelaskan bahwa saya harus melakukan psikotest dan interview. Yang membuat saya tambah curiga adalah psikotest dan interview tersebut dilakukan tertulis dan via email saja.
3. Dalam file attachment psikotest dan interview tertulis juga disebutkan ada sejumlah uang yang harus saya transfer. bilangnya sih buat pelatihan K3.
4. Email yang menghubungi saya terlihat mencurigakan karena bukan email recruitment, melainkan menggunakan google mail (gmail), gmail kan gratis, masak iya perusahaan besar pakainya email gratisan.
5. Saya cek website resmi perusahaan dan mencari kontak resmi yang tertulis dalam web tersebut. Nah, saya dapat email resmi recruitment dari perusahaan tersebut. beda kan, beda sama email yang menghubungi saya.
6. Saya putuskan untuk bertanya pada perusahaan untuk konfirmasi kebenaran dari email yang menghubungi saya, saya bertanya melalui email ke email resmi recruitment perusahaan tersebut. Dua hari setelah saya kirim email, saya dapat balasan dan benarlah perusahaan tersebut mengatakan bahwa email yang menghubungi saya adalah email oknum tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan perusahaan.
Nah, jadi, hai jobseeker sekalian, jangan lupa selalu waspada, curiga itu baik kok hehe.. yang nggak boleh itu patah semangat.
Hati-hati yaa, banyak sekali oknum yang pura-pura dan mengatasnamakan nama perusahaan besar untuk menipu kita. Pokoknya waspadalah! waspada itu nggak bikin rugi kok. Asal kita konfirmasi melalui jalan yang benar.
Jangan lupa selalu cek website resmi perusahaan, cek nama dan alamat perusahaan di google maps, periksa email atau kontak yang menghubungi kita, cek review orang-orang tentang perusahaan atau tentang informasi lowongan pekerjaannya, jangan hemat energi dan waktumu untuk melakukan hal2 detail ini.
Ingat, banyak orang yang tertipu karena melewatkan hal kecil/detailnya.
Salam!
Semangat!
Sehat selalu yaa.. Jangan sakit. 

No comments:

Post a Comment

MY WEDDING ^^

MY WEDDING ^^