Tuesday, October 18, 2016

sharing : Ikut Jobfair?

Halo. Selamat Malam!
Masih demam jobseeker nih. Pengennya sih buka usaha atau ngelakuin hobi produktif yang meskipun bukan jadi karir tapi tetep bisa menghasilkan yang namanya duit. Tapi apalah, katanya Fresh Graduate jaman sekarang eman-eman kalo nggak masukin lamaran ke perusahaan-perusahaan yang gede itu. Apalagi yang kuliahnya udah susah, katanya kerjanya InsyaAllah mudah. (try to believe this statement)
Well, mungkin aku adalah satu-satunya mahasiswa kuper di kampus yang oke ini (mahasiswa kuper juga cinta kampus kok) yang baru tahu istilah 'jobfair' setelah wisuda dan resmi nganggur. Welcome to the cruel reality, yo!
Jaman sekarang memang susah bikin lapangan pekerjaan, apalagi cari pekerjaan. Ini lah, itu lah, banyak syarat dan panjang prosedurnya. Yah maklum sih, kalo ngutamain kualitas juga harus berani totalitas dong. Baik dari si perekrut maupun si pelamar.
Good news, sekarang banyak banget aplikasi-aplikasi di smartphone yang bisa bantu kita update tentang lowongan pekerjaan di sana-sini. Dan satu lagi yang tadi aku sempet singgung di atas. (yap! I mean jobfair)
Jobfair sekarang ini memudahkan bagi para jobseeker untuk mengenal lebih dekat profil perusahaan dan membuka informasi lowongan pekerjaan secara lebih bersahabat. Dalam beberapa event jobfair yang aku ikuti (jobfair kampus ini dan itu) semuanya selalu ramai. See? banyak peminatnya.
Apa aja sih enaknya ikut jobfair? mungkin aku bisa share beberapa di sini. Tapi satu hal sebelum itu, tolong doakan yang nulis ini cepet bisa memulai karirnya dengan cara yang keren ya. Amin.
1. Di jobfair, kita bisa gali informasi tentang banyak perusahaan, nggak cuma satu atau dua.
2. Melegakan sekali misal di jobfair itu, kita menemukan perusahaan yang memang kita incar dan kita minati.
3. Nilai tambah juga karena pasti ada perusahaan bagus lainnya yang mungkin saja kita belum tahu.
4. Dalam kegiatan jobfair, sangat memungkinkan sekali untuk kita bisa apply ke beberapa perusahaan dalam sekali waktu itu. Bisa nanya-nanya langsung pula.
5. Jadi jangan lupa untuk ready berkas-berkas penting seperti ijazah, cv, surat lamaran pekerjaan, pas foto, dan apapun yang kita butuhkan.
6. Link dan relasi baru. Tentu saja, jobseeker yang datang ke acara jobfair bukan hanya kita-kita saja. Ada banyak jobseeker di sana-sana yang bisa saja lebih senior dari kita. Ya, cobalah berteman dengan orang baru dan jangan sungkan bertukar informasi dan pengalaman.
7. Dalam beberapa kesempatan di jobfair, ada perusahaan yang juga menawarkan interview langsung setelah kita apply (melamar), hal ini bisa juga memudahkan kita karena dengan satu langkah, dua tahap terlampaui.
8. Setelah kita melamar dan memasukkan berkas seperti cv dan sebagainya, tidak sedikit perusahaan yang langsung menetapkan tanggal untuk kita interview atau tes lainnya. Biasanya tanggal tersebut cukup dekat dengan tanggal jobfair tersebut diadakan. So, bagus kan.
9. Datang ke jobfair juga tidak selamanya tentang melamar pekerjaan, bagi kita yang belum yakin atau belum siap, kita tidak dilarang untuk bertanya informasi apa saja yang kita butuhkan.
10. Hal baik juga apabila dalam jobfair tersebut terdapat jasa untuk sesi konseling. Kita bisa konsultasi tentang bagaimana sebaiknya kita atau bagaimana kita menyusun rencana kita agar lebih terarah.
Begitulah kira-kira nilai-nilai plus yang kita dapatkan setiap kita ikut jobfair. Ada banyak hal baik lagi sebenarnya yang bisa kita dapatkan, selain 10 poin tadi di atas. Kita sendiri yang merasakannya. Semangat!

No comments:

Post a Comment

MY WEDDING ^^

MY WEDDING ^^