Friday, January 17, 2020

When Life Gets Hard, Remember This

Assalamu'alaikum, Ladies :)

How's life? 
Hidup tidak melulu tentang kisah-kisah yang bahagia. Ada kalanya kita harus struggle sedikit. Harus menempuh beberapa kesulitan untuk mendapatkan sebuah kemudahan yang manis. 

Ada pepatah sebuah kerja keras akan menghasilkan hasil akhir yang jaaaaaaauh lebih manis ketimbang mendapatkan sesuatu secara gratis. Jadi, jika kerja keras kita sekarang belum juga membuahkan hasil yang manis, maka itu bukanlah akhirnya, kita harus sediiiiiikit lagi berusaha sehingga hasil yang manis itu akan sampai di depan mata kita.

Namun, jika bisa memilih, pasti banyak dari kita yang lebih suka mendapatkan apapun secara gratis. Kalau ada cara yang mudah, kenapa harus memilih jalan yang susah? Pasti begitu.
Ya.
Aku juga berpikir demikian.
Kenapa kita harus menempuh jalan yang sulit kalau jalan yang mudah itu ada?

Tapi, ladies, semua keadaan itu tidak ada yang tidak patut disyukuri. Bahkan dalam keadaan paling terpuruk pun, kita harus cepat-cepat mencari alasan untuk tetap bersyukur kepada Allah SWT. Kenapa? Karena jangan sampai di keadaan tersulit pun, kita masih berpikir untuk mempersulit keadaan kita sendiri.

Ingat, kita semua benci terluka.
Dan yang paling kita benci adalah... mengakui sendiri bahwa kita sedang terluka.

Hati kita masalahnya, ladies.
Hati kita ini mudah sekali berbolak-balik. 
Seperti yang aku rasakan sendiri saat menulis blog post ini. Beberapa menit yang lalu, aku merasa sedang berbahagia. Aku bahagia dan bersyukur karena bisa menikmati hari yang indah bersama banyak orang. Tetapi tiba-tiba ada kabar yang menjungkir-balikkan semangatku. Lalu seketika, aku merasa kecil, merasa sedih, merasa lemah. Bahkan setelah wirid ba'da sholat-ku selesai, aku tak bisa menahan diri untuk mengadu, untuk mengeluh, untuk mengutuk diri sendiri kepada Allah SWT.
And I cried, alone.

Yeah I was thinking that I was alone, and left behind. Tapi tidak, ladies.. We are not alone. Bahkan Allah SWT menjelaskan dengan jelas bahwa setiap kesulitan itu pasti ada kemudahan setelahnya.

Tiba-tiba aku teringat pesan ibuku. Ibuku berpesan agar tidak pernah berhenti bersyukur dan berpikir positif. Semua keadaan pasti ada baiknya, ada hikmahnya, ada keuntungannya. Bahkan di keadaan kita yang paling sulit pun, kita harus segera mencari-cari alasan untuk mensyukurinya. Selalu ada hal baik untuk disyukuri bahkan dalam keadaan kita yang paling sulit. 
"Jangan sampai kita suudzon sama Gusti Allah..."

Dan satu hal lagi yang beliau selalu ingatkan adalah...

"Kadang-kadang memang kita harus susah sedikit, tapi pokoknya harus cari cara biar kita tetep dapet pahala dari kesusahan kita. Gimana caranya? Ya dengan bersyukur."

Kata ibu kita akan sangat menyesal kalau kita mengalami keadaan yang sulit dan kita tidak dapat apa-apa dari kesulitan yang kita hadapi.

Jadi gimana pendapat kamu, ladies?
Sekali lagi kita tahu kita benci terluka. Tapi luka apapun yang kita alami sekarang, jangan sampai luka itu menghalangi kita untuk menghitung-hitung nikmat yang Allah SWT berikan kepada kita. Sebagai langkah awal untuk terus dan tetap bersyukur dalam keadaan apapun, cara ini lumayan bisa dikiatkan sebagai rutinitas baik setiap hari.
Jadi, sudah bersyukur belum hari ini?
Alhamdullillah :) :) :)

No comments:

Post a Comment

MY WEDDING ^^

MY WEDDING ^^