Wednesday, August 21, 2013

monolog : sinau !

sinau !

sebuah kata 'magic' dari ibuku yang rutin aku dengar di setiap malam-malamku di rumah. Meski bukan ditujukan padaku, aku cukup kecipratan oleh gelegarnya.

"ahaha" adik kecilku yang masih SD itu malah masih sibuk dengan mainannya. spiderman di tangan kanan dan power ranger di tangan kiri. Dihantamkannya keduanya tepat di depan matanya. Dengan suara dramatis "duamm" yang keluar dari mulut kecilnya. ah dasar anak kecil, tidak paham keadaan.

ibu yang semakin jengkel melihat ulahnya pun kembali berteriak sinau !

lalu, aku yang berjarak tidak jauh dari adikku, tertarik untuk ikut berpartisipasi membujuk si kecil untuk beranjak belajar. Tapi sia. Dia saja tak mendengarkan kata ibuku. Apalagi aku?
Sebuah akal licik mulai menghasutku untuk merebut mainannya. Mungkin saja si kecil mau belajar setelah mainannya kurampas. Dengan satu gerakan kecil, akhirnya mainan itu berpindah ke tanganku.
Dia diam saja dan menatapku. Astaga apa maksudnya?
Lima detik kemudian dia keluarkan senjata andalannya. nangis!
Aduh, aku tidak tega. Akhirnya kukembalikan. dasar anak kecil.

Akhirnya ibuku memilih untuk mengambil sebuah buku. Buku Matematika. Akhirnya Ibu duduk di samping si kecil, menemani belajar sekaligus menemani si kecil bermain
"ngajari cah cilik ki kudu sabar" Ibu berbisik ke arahku. Aku tersenyum simpul. Apa aku dulu kecil juga segitu susahnya disuruh belajar? :)

Bayangan itu begitu saja menyeruak muncul dalam ingatanku. Sesaat setelah baru saja aku melewati toko mainan yang di etalase depannya terpajang mainan kecil power ranger merah,kuning,hijau,hitam,putih (apa lagi tadi yaa)
Mestinya aku sekarang ini juga berkat bimbingan ibu sejak kecil.
satu kata "sinau" yang dulu aku tak begitu paham apa manfaatnya, sekarang begitu nyata memberikanku manfaat setiap waktu. Bahwa betapa pentingnya belajar dan koleksi berbagai ilmu sejak kecil. Ilmu inilah yang menjadi kunci bagiku menggenggam dunia. Duniamu takkan berarti tanpa ilmu. Dan itu semua berawal dari sebuah kata. sinau !

No comments:

Post a Comment

MY WEDDING ^^

MY WEDDING ^^